Tanda Kepangkatan POLRI

Kamis, 19 November 2009 ·
Dalam postingan ini saya akan mencoba mengulas tanda kepangkatan dalam jajaran Kepolisian Negara RI

Tanda kepangkatan dalam Kepolisian RI meliputi :
  1. Jenderal Polisi
    Jenderal Polisi adalah tingkat keempat atau tertinggi bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Jenderal pada militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah empat bintang. Jenderal Polisi biasanya disandang oleh Kapolri atau Tri Brata 1 (TB 1)
  2. Komisaris Jenderal Polisi
    Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) adalah tingkat ketiga bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Letnan Jenderal pada Militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bintang. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Letnan Jenderal Polisi. Sering digunakan penyebutan Komjen untuk pangkat ini. Dalam lingkungan Polri, biasanya Komjen Pol menduduki Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim), Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum), Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) (Tri Brata 2), Kababinkam, Kabaintelkam, dan Kalakhar BNN.
  3. Inspektur Jenderal Polisi
    Inspektur Jenderal Polisi adalah tingkat kedua bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Mayor Jendral pada militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bintang. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Mayor Jenderal Polisi. Sering digunakan penyebutan Irjen untuk pangkat ini. Jabatan Irjen biasanya untuk Kapolda di wilayah Polda tipe A.
  4. Brigadir Jenderal Polisi
    Brigadir Jenderal Polisi adalah tingkat pertama bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Brigadir Jenderal pada militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bintang. Untuk kepolisian jabatan Kapolda, Brigjen biasanya memimpin Polda di wilayah tipe B.
  5. Komisaris Besar Polisi (KomBes Pol)
    Komisaris Besar Polisi adalah tingkat ketiga perwira menengah di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Kolonel, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bunga sudut lima. Sering digunakan penyebutan Kombes untuk pangkat ini.
  6. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
    Ajun Komisaris Besar Polisi adalah tingkat kedua perwira menengah di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Letnan Kolonel, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bunga sudut lima. Sering digunakan penyebutan AKBP untuk pangkat ini.
  7. Komisaris Polisi (KomPol)
    Komisaris Polisi adalah perwira menengah tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Mayor, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bunga sudut lima. Sering digunakan penyebutan Kompol atau Komisaris untuk pangkat ini.
  8. Ajun Komisaris Polisi (AKP)
    Ajun Komisaris Polisi adalah perwira pertama tingkat tiga di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Kapten, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga balok berwarna emas. Sering digunakan penyebutan AKP untuk pangkat ini.
  9. Inspektur Polisi Satu
    Inspektur Polisi Satu adalah perwira pertama tingkat dua di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Letnan Satu, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua balok berwarna emas. Sering digunakan penyebutan Iptu untuk pangkat ini.
  10. Inspektur Polisi Dua
    Inspektur Polisi Dua adalah perwira pertama tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Letnan Dua, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu balok berwarna emas. Sering digunakan penyebutan Ipda untuk pangkat ini.
  11. Ajun Inspektur Polisi Satu
  12. Ajun Inspektur Polisi Dua
  13. Brigadir Polisi Kepala
  14. Brigadir Polisi
  15. Brigadir Polisi Satu
  16. Brigadir Polisi Dua
  17. Ajun Brigadir Polisi
  18. Ajun Brigadir Polisi Satu
  19. Ajun Brigadir Polisi Dua
  20. Bhayangkara Kepala
  21. Bhayangkara Satu
  22. Bhayangkara Dua



| More

0 komentar:

Posting Komentar

Chatting Area


ShoutMix chat widget
 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD